Tuesday 5 January 2016

Online Marketing atau Offline Marketing ???

Ada beberapa aspek yang menjadi pembeda dan berpengaruh antara online marketing dan offline marketing. Jika ke-2 teknik marketing tersebut dibandingkan satu dengan yang lainnya tentu akan terlihat jelas perbedaannya.




Menurut hasil survei mulai tahun 2012 sampai sekarang, pengguna internet di Indonesia pada khususnya, terus mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini juga didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin melambung. Sedangkan waktu yang dihabiskan seseorang untuk menjelajah internet bisa mencapai 8 jam rata rata dalam sehari.

Itulah sebabnya, perkembangan internet ini menjadi lahan yang subur untuk pebisnis online. Dan online marketing disini sangat penting peranannya.

Berbicara tentang perbedaan, berikut ini beberapa hal yang menjadi perbedaan antara 2 teknik marketing ini :
Offline marketing :
- Pemasaran produk dilakukan secara langsung ke pembeli
- Penjual menawarkan langsung kepada pembeli maupun sebaliknya, pembeli / customer yang mendatangi penjual.
- Sales / marketing menawarkan produk dengan membawa barang atau produk yang ditawarkan secara langsung

Online Marketing :
- Tidak membutuhkan kehadiran langsung dari penjual
- Tidak membawa barang untuk ditawarkan kepada pembeli
- Pembeli atau customer melihat barang yang ditawarkan melalui internet atau katalog pada website penjual

Dari beragam perbedaan di atas, maka dapat kita lihat dan kita ringkaskan apa saja yang menjadi keuntungan dan kelebihan dari masing-masing teknik marketing tersebut. Perbandingan kelebihannya adalah sebagai berikut :

Offline Marketing :
- Pembeli atau customer dapat melihat dan menyentuh langsung produk yang ditawarkan
- Customer lebih memiliki kepercayaan dalam hal transaksi jual-beli, karena transaksi dilakukan secara langsung beserta pembayarannya
- Transaksi yang dilakukan lebih praktis, khususnya untuk orang-orang yang tidak mengikuti perkembangan teknologi atau Gaptek

Online Marketing :
- Transaksi bisa dilakukan secara online dimana saja, tidak terbatas jarak dan waktu
- Penjual tidak lagi menghabiskan banyak biaya untuk transport dalam menawarkan produk
- Fitur promosi online lebih lengkap, bisa pasang banner, spanduk, dan gambar - gambar iklannya via internet.
- Katalog produk yang terdapat pada website bisa diupdate kapanpun dan secara cepat
- Tidak membutuhkan outlet atau toko fisik untuk melakukan penjualan.

Dari berbagai penjelasan tersebut di atas, tentunya anda dapat menyimpulkan dan melakukan analisa manakah yang menurut anda teknik marketing yang lebih menguntungkan. Tentunya dengan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing penjual, 2 teknik tersebut akan memiliki nilai lebih dari teknik lainnya. Dan perbedaan bukanlah suatu halangan untuk seorang marketing menjalankan tugasnya. Justru jika kedua teknik tersebut digabungkan, maka hasil yang sangat luar biasa akan tercapai dan terwujud. Silahkan mencoba :)


1 comment:

  1. Marketing online sangat luas ya, ada social media marketing, ada content digital marketing, dan banyak lagi. tulisan ini sungguh menginspirasiku untuk buat blog tentang belajar marketing online

    ReplyDelete